Jumat, 02 Desember 2011

Army Training – Alternatif Latihan Fitnes untuk Tubuh Atletis Anda (1)Bosan dan jenuh dengan pola latihan fitnes yang biasa, be ready for an army like training method!
Berbeda dengan latihan Fitnes biasa, latihan Fitnes militer biasanya dirancang lebih untuk meningkatkan kekuatan (strength) dan ketahanan (endurance) otot. Mengapa demikian? Seorang tentara militer diperlukan untuk melakukan misi-misi tertentu misalnya misi penyelamatan ataupun terlibat di medan perang sehingga dibutuhkan kemampuan yang lebih taktis didukung oleh kekuatan otot yang optimal.

Jenis latihan yang biasa dilakukan dalam sebuah latihan militer misalnya oleh NAVY SEAL di Amerika Serikat adalah circuit weight training. Latihan ini dilakukan secara kontinu dengan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot di seluruh bagian tubuh baik upper body maupun lower body.
A. Prinsip Dasar Army Training
FITT (Frequency, Intensity, Time, dan Type) adalah prinsip dasar untuk memaksimalkan latihan ala militer.
    a. Frequency Biasanya, seorang tentara memiliki jadwal yang sangat padat sehingga waktu untuk latihan pun akan lebih terbatas. Oleh karena itu, latihan yang dianjurkan adalah sebanyak 2 kali seminggu saja dengan mengikuti pola Total Body Circuit Training dengan jenis latihan yang lain agar lebih optimal, misalnya berenang, berlari, jogging, hiking, dll. Jika memang tidak bisa melakukan latihan 2 kali/minggunya, lebih baik lakukan 1 kali/ minggu daripada tidak sama sekali.
    b. Intensity Intensitas latihan merupakan faktor kritis untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot seorang tentara. Intensitas latihan ditentukan dari jumlah berat yang diangkat per repetisinya (antara 30-90% RM). Intensitas yang disarankan adalah intensitas yang bervariasi. Sebagai contoh:
      • Untuk melatih ketahanan otot (muscular endurance), gunakan beban dengan 30-50% RM* sebanyak 20 hingga 60 kali repetisi.
      • Untuk melatih kekuatan otot (muscular strength), gunakan beban dengan 65-90% RM sebanyak 1-12 repetisi per set tergantung pada jadwal latihan.
    c. Time Waktu yang digunakan selama latihan umumnya bervariasi tergantung program nya, namun demikian biasanya waktu yang disarankan adalah 30-60 menit untuk melakukan 1 kali circuit weight training.
    d. Type Jenis latihan yang dilakukan bervariasi antara free weight maupun menggunakan mesin.
Reference:
Deuster, P.A. 1997. Navy Seals Physical Fitness Guide. Department of Military and Emergency Medicine and F. Edward Hebert School of Medicine.
Jadi, menurut prinsip FITT ini, yang dimaksud Total Body Circuit Training adalah :
    F : 2 kali seminggu I : 30-90% T : 30-60 menit T : circuit weight training *(RM – Repetition Maximum adalah jumlah maksimal beban yang dapat diangkat hanya dengan 1 kali angkatan)

0 komentar:

Posting Komentar

Reader Community

Search

Photo Gallery

Search